Gaji Ideal Anak Magang Bikin Penasaran

Magang merupakan aktivitas pembelajaran dengan tujuan memberikan wawasan dan pengalaman yang berkaitan dengan dunia usaha, kerja atau industri. Untuk mahasiswa, program magang ini sendiri biasanya dilakukan selama satu semester.

Lalu apakah dalam proses magang ini mereka mendapatkan gaji? Kalau iya, berapa gaji ideal anak magang?

Selain gaji, apakah anak magang ini mendapatkan fasilitas lain dari kantor tempatnya bekerja? Supaya lebih jelas, ikuti ulasan berikut ini hingga selesai.

Hak, Fasilitas dan Gaji Ideal Anak Magang


Magang sebenarnya tak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa namun juga bagi para pencari kerja atau karyawan yang ingin meningkatkan keahliannya. Saat melaksanakan magang, mereka memiliki beberapa hak yang harus ditunaikan oleh perusahaan tempat magangnya.

Hak bagi peserta atau anak magang ini tertera dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2020. Beberapa hak yang sesuai dengan pasal 13 peraturan tersebut adalah:

  • Memperoleh bimbingan dari instruktur
  • Mendapatkan pemenuhan hak sesuai perjanjian
  • Memperoleh fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja selama proses magang
  • Anak magang berhak mendapatkan uang saku
  • Hak terdaftar dalam program jaminan sosial
  • Peserta magang memiliki hak mendapatkan sertifikat atau surat yang menyatakan telah mengikuti program magang.

Dari beberapa hak tersebut, salah satunya menyebutkan bahwa anak magang berhak mendapatkan uang saku. Uang saku ini harus mencakup biaya transport, uang makan serta insentif peserta magang. Ini sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan pasal 22 ayat (2).

Lantas, berapa sebenarnya gaji ideal untuk anak magang yang harus perusahaan bayarkan? Berdasarkan informasi dari Glassdoor, uang saku untuk anak magang untuk kawasan DKI Jakarta adalah sebesar Rp3,000,000 perbulan. Untuk gaji ideal anak magang berkisar antara Rp2,000,000 hingga Rp4,000,000.

Besaran nominal uang saku ini kemungkinan berbeda antara tempat magang yang satu dengan lainnya. Hal ini tergantung pada kebijakan pemerintah daerah setempat serta kesepakatan dengan perusahaan tempat melaksanakan magang.

Satu hal yang perlu diketahui yakni anak magang tidak boleh lembur. Termasuk dalam hal ini adalah mereka tak boleh melakuan pekerjaan pada hari libur resmi. Artinya anak atau peserta magang tidak boleh bekerja melebihi jam kerja normal. Namun mereka boleh bekerja dengan sistem shift.

Demikianlah ulasan mengenai berapa gaji ideal anak magang, semoga informasi ini bermanfaat. Bagi yang ingin melaksanakan magang, jangan lupa carilah informasi yang lengkap mengenai aktivitas magang. Termasuk besaran uang saku yang akan anak magang terima dari tempat magang tersebut.

Referensi:
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6207424/anak-magang-dilarang-lembur–wajib-dapat-gaji-ini-ketentuannya
https://www.qubisa.com/article/berapa-gaji-anak-magang
https://artikel.rumah123.com/daftar-gaji-anak-magang-internship-yang-ideal-dan-layak-2021-jangan-mau-digaji-rendah-111034
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url