Tugas dan Tanggung Jawab Data Entry Apa Saja?

Data Entry merupakan salah satu jenis pekerjaan administrasi yang melibatkan berbagai proses seperti mengetik serta merekam suara untuk memasukkan data ke software komputer. Profesi sebagai data entry memiliki peluang untuk bekerja di berbagai industri, antara lain kesehatan, keuangan, ritel dan transportasi.

Mengenal Profesi Data Entry


Saat ini, data entry menjadi salah satu profesi yang sangat populer di Indonesia. Seorang data entry harus memiliki kemampuan mengetik yang mumpuni, tingkat akurasi yang tinggi, mampu bekerja dibawah deadline, sehingga jenjang karirnya patut untuk dipertimbangkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Data Entry


Data entry termasuk ke dalam jenis pekerjaan klerikal atau lebih bersifat administrasi untuk membantu perusahaan dalam memproses informasi dengan mengambil data dari formulir, non dokumen atau rekaman suara untuk dimasukkan ke dalam sistem komputer. 

Tugas lain yang tak kalah penting adalah harus memastikan data tersebut tersimpan secara akurat dan efisien.

Sebenarnya sebagian besar perusahaan membutuhkan peran data entry, karena dianggap memiliki tugas dasar untuk menjalankan fungsi kantor sehari-hari.

Kesimpulannya, pekerjaan utama data entry untuk memasukkan data yang diperoleh dari berbagai sumber ke sistem komputer milik perusahaan.

Seorang data entry harus dapat dipercaya serta memiliki integritas yang sangat tinggi. Pasalnya, data yang dimasukkan sangat detil dan ada pula yang bersifat sangat rahasia. Pada kasus tertentu, perusahaan akan mengizinkan data entry untuk bekerja di kantor. 

Namun, ada pula perusahaan yang memperbolehkan kerja remote atau yang sering disebut dengan data entry freelance.

Kemampuan Seorang Data Entry


Fungsi data entry dalam sebuah perusahaan sangat penting untuk meminimalisir beban administrasi, memangkas biaya serta memastikan jika sumber data berasal dari sumber-sumber penting. 

Beberapa kemampuan petugas data entry selain detil, teliti, memiliki kemampuan verbal dan menulis yang baik, adalah:

1. Kemampuan menulis dan komunikasi yang baik


Petugas data entry akan terlibat dengan pekerjaan di dalam dan luar tim, sehingga harus memiliki kemampuan menulis dan verbal yang baik.

2. Kemampuan mengetik yang cepat


Petugas data entry harus memasukkan data dalam jumlah yang sangat banyak dalam waktu singkat. Rata-rata perusahaan menginginkan seorang petugas data entry yang memiliki kemampuan mengetik 30-40 kata dalam waktu satu menit.

3. Memiliki pengetahuan dasar perangkat lunak


Kemampuan lain yang harus dimiliki data entry adalah memiliki pengalaman atas perangkat lunak dasar, seperti Spreadsheet, Microsoft Word dan Database.

4. Konsentrasi yang tinggi


Petugas data entry akan berhubungan dengan pekerjaan yang sama secara terus menerus dalam waktu yang lama. Sehingga petugas data entry harus memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, ketelitian serta kesabaran yang besar.

Demikian tugas dan tanggung jawab seorang petugas data entry, serta peluang kerjanya. Ada baiknya memperhatikan serta meningkatkan kemampuan terkait tugas-tugas data entry jika ingin lebih mahir atau memutuskan memiliki profesi sebagai data entry.

Referensi:
https://mekari.com/blog/pengertian-data-entry/
https://glints.com/id/lowongan/data-entry-adalah/
https://www.ekrut.com/media/data-entry-adalah
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url