4 Tip Kelola Tim Bekerja secara Remote, Sudah Coba?

Pandemi yang telah mengubah seluruh kehidupan manusia hampir berakhir. Pada akhirnya, seluruh aktivitas dapat kembali normal.

Namun, tidak demikian dengan dunia kerja yang selama 2 tahun ini beradaptasi dengan gaya kerja yang baru, yaitu tidak bekerja di kantor, melainkan dari rumah atau bahkan dari tempat lain.

Akibatnya, kini setiap orang harus kembali lagi beradaptasi dengan gaya kepemimpinan serta manajemen tim yang baru, yaitu mengelola sebuah kelompok kerja yang bekerja secara remote.

Tip Kelola Tim Bekerja Secara Remote


Tentu ini bukanlah hal yang mudah. Karenanya sobat dapat menyimak tip mengelola tim bekerja secara remote di bawah ini.

1. Tetapkan Tujuan Bersama


Karyawan remote adalah mereka yang tidak menyelesaikan pekerjaannya di kantor, tetapi di tempat lain. Sedikit berbeda dengan rekan-rekan kerja yang lainnya.

Namun, jangan sampai hal tersebut membuatnya istimewa dengan tidak menetapkan tujuan yang jelas. Oleh karena itu, pimpinan unit wajib selalu berkoordinasi untuk mengingatkan target kerja per jangka waktu tertentu.

2. Siapkan Sarana dan Prasarana yang Memadai


Salah satu kesulitan untuk karyawan remote adalah alat komunikasi dan penggunaan media yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaanya.

Oleh karena itu, pekerjaan wajib memberikan fasilitas yang cukup untuk mendukung performa kerjanya. Sehingga tetap memiliki produktivitas yang sama dengan rekan kerja yang berada di kantor.

3. Patuh Pada Komitmen yang Telah Dibuat


Kesulitan lain yang dihadapi pada tim yang remote adalah disiplin dan konsisten. Oleh karenanya, anggota tim wajib melaksanakan seluruh komitmen yang ada tanpa kecuali.

Hal yang sama harus juga dilakukan oleh kepala tim tersebut. Dengan begitu, rekan kerja yang lain akan dapat memiliki role model yang terbaik.

4. Tingkatkan Kepercayaan Sesama Anggota Tim


Dengan membuat tujuan tim dan komitmen yang jelas, maka sebenarnya setiap anggota tim sedang membangun kepercayaan satu dengan yang lainnya.

Dengan sikap positif dan jadwal yang realistis, semua orang dapat berkontribusi sesuai dengan tanggung jawabnya masing-masing.

Beberapa tip mengelola tim bekerja secara remote di atas dapat sobat pilih untuk meningkatkan kinerjanya. Namun, bukan berarti saran tersebut tidak dapat dimodifikasi. Lakukanlah penyesuaian sesuai dengan kebutuhan.

Referensi:
https://accurate.id/marketing-manajemen/mengelola-karyawan-yang-bekerja-remote/
https://www.loker.id/artikel/5-cara-mengelola-tim-yang-bekerja-secara-remote
https://www.linovhr.com/kerja-remote/
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url