PHP Developer Pekerjaan Seperti Apa?

Bagi mereka yang berkecimpung di dunia pemrograman mungkin sudah familiar dengan istilah PHP. Pasalnya PHP merupakan bahasa program yang populer untuk membuat dan mengembangkan web.

Adapun orang-orang yang menguasai bahasa pemrograman dan bertanggung jawab menulis logika aplikasi web pada bagian server yaitu PHP developer.

Untuk mengenal lebih dekat apa dan bagaimana sebenarnya pengembang PHP ini, mari simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu PHP Developer


PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocessor. Sebelumnya PHP merupakan akronim dari Personal Home Pages. Bahasa pemrograman PHP mirip dengan Javascript dan Python, hanya saja berbeda dalam penggunaannya. Beberapa website terkenal yang menggunakan PHP adalah WordPress dan Wikipedia.

Proses mengembangkan website yang menggunakan bahasa pemrograman PHP tak lepas dari campur tangan seorang developer. Para developer ini kemudian mengembangkan komponen back-end, menghubungkan aplikasi dengan layanan web lain dari pihak ketiga serta mendukung pengembang front-end.

Tak cukup itu saja, developer PHP ini juga sering menerima permintaan untuk mengembangkan dan mengintegrasi plugin. Termasuk juga merancang database dan script ketika mengembangkan website server. Tujuannya yaitu supaya alur dan fungsi aplikasi pada web berjalan dengan optimum.

Tugas dan Tanggung Jawab PHP Developer


Saat ini, developer PHP merupakan pekerjaan dengan pendapatan yang cukup besar dan menggiurkan. Penghasilan besar yang mereka terima ini sepadan dengan tugas dan tanggung jawab yang juga tak bisa dibilang enteng. Beberapa tanggung jawab dan tugas PHP developer adalah sebagai berikut:

1. Menyediakan atau membuat modul PHP yang efisien, bisa dipakai berulang kali serta mudah ketika pengujian

2. Melakukan analisis, peninjauan serta menulis ulang program dengan memakai grafik serta diagram alur kerja

3. Mengevaluasi dan menguji modul

4. Mampu memberi solusi untuk memecahkan masalah ketika terjadi bug serta penambahan fitur baru

5. Bisa melakukan konversi data dari berbagai format ke dalam database. Misalnya seperti Access, Excel dan lain-lain.

Langkah Menjadi Seorang PHP Developer


Bagi yang tertarik ingin memiliki profesi sebagai developer PHP maka setidaknya harus memiliki gelar sarjana. Khususnya di bidang ilmu komputer, sistem informasi, teknik informatika atau jurusan lain yang relevan.

Selain gelar sarjana, pengembang PHP juga harus menguasai ilmu pemrograman yang berkaitan dengan PHP, web server serta dasar teknologi front-end. Seperti Javascript, HTML dan CSS.

Masih banyak lagi syarat lain yang harus dikuasai oleh PHP developer. Yang paling penting adalah mau belajar dan memiliki logika luas sehingga mampu memecahkan masalah dan menemukan solusi dengan banyak cara.

Referensi:
https://www.gramedia.com/pendidikan/profesi-php-developer/
https://www.loker.id/artikel/apa-itu-php-developer
https://id.linkedin.com/pulse/php-developer-profesi-dengan-gaji-tinggi-yang-chandra-henny
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url